Berita

    Simak Mengenal Bahaya dari Highway Hypnosis & Cara Mudah Mencegahnya

    Highway hypnosis atau yang juga disebut dengan white line fever beberapa waktu belakangan ini memang sering menjadi bahan perbincangan. Dalam keadaan white line fever, pikiran pengemudi nantinya akan berfokus ke tempat lain, padahal sedang mengemudi mobil. 

    Dengan dialihkannya pikiran, pengemudi menjadi tidak sadar, bahkan kehilangan kendali pada kendaraan tersebut. Efek dari white line fever ini mirip dengan microsleep, sehingga perhatian yang dimiliki pengemudi akan teralihkan dari jalan serta memicu kecelakaan fatal. 

    Pemicu dari hal ini ada berbagai macam sebab mulai dari profil dari jalan tol yang lurus serta monoton, selain itu pemandangan yang dimiliki juga tidak menarik. 

    Bahaya Highway Hypnosis

    Tentu saja kondisi highway hypnosis ini dapat memicu bahaya tersendiri. Perlu Anda ketahui, kondisi ini bisa menyebabkan cedera atau kecelakaan yang sangat fatal bila pengemudi tidak memperhatikannya dengan baik. 

    Seperti yang kita ketahui, kondisi ini adalah berkurangnya konsentrasi tanpa sadar saat mengemudikan mobil dalam jarak serta waktu yang jauh. Hal ini biasanya terjadi di jalan seperti tol dan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. 

    Cara Mencegah Highway Hypnosis

    Meskipun menjadi hal yang berbahaya, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam hal yang dapat mencegah kondisi ini terjadi, seperti:

            1. Hindari terlalu banyak pikiran ketika berkendara di jalan raya

    Hindari overthinking atau memikirkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan mengemudikan mobil contohnya seperti pekerjaan kantor yang belum selesai atau berbagai macam masalah di rumah. 

    Selain itu, tubuh yang bugar serta fit juga membuat Anda lebih fokus pada mengemudikan mobil serta tidak mudah mengalihkan perhatian karena letih. 

            2. Atur posisi duduk yang nyaman serta melakukan senam ringan

    Untuk menghindari bahaya highway hypnosis, Anda harus mengatur posisi duduk dengan tepat. Mengatur posisi duduk dengan senyaman mungkin bisa membuat Anda tidak mudah letih dan konsentrasi terjaga. 

    Selain itu, jika menempuh perjalanan panjang, tidak ada salahnya melakukan senam ringan agar dapat mengurangi kelelahan. Anda dapat menggerakkan leher ke kiri serta ke kanan. Gerakkan tangan serta badan agar tidak kaku dan bisa tetap rileks.