Berita

    Pentingnya Memiliki Dana Darurat Di Masa Pandemi Saat ini

    Ketika bisa memilih, pasti Anda ingin dijauhkan dari hal-hal buruk yang tidak terduga bukan, lebih-lebih jika kaitannya dengan keuangan seperti penyakit. Sayangnya, hal tersebut tidak bisa dielakkan ketika menjalani kehidupan. 

    Namun, sebenarnya kita dapat mengantisipasi hal yang tidak terduga dengan menyiapkan sejumlah dana darurat dari sekarang. Jenis dana ini menjadi hal yang sangat penting dimiliki karena kita sendiri tidak mengetahui kapan hal buruk dapat terjadi. 

    Selain itu kita juga tidak tahu apakah selalu sehat serta bisa terlindungi. Oleh sebab itu, dana ini penting disiapkan dari sekarang. Persiapan dana ini bisa membantu mengurangi beban ketika hal malang terjadi. 

    Berbagai Manfaat Dana Darurat yang Harus Diketahui

    Jenis dana yang satu ini memang menjadi topik sangat hangat di tengah masyarakat, lebih-lebih setelah pandemi virus COVID-19 terjadi. Dana ini bisa menjadi sumber dana untuk menghadapi situasi yang tidak terduga. 

    Berikut berbagai macam manfaat memiliki dana ini ketika pandemi sedang terjadi seperti sekarang, antara lain:

    1. Kebutuhan Mendesak Bisa Terbiayai dengan Baik

    Kebutuhan mendesak dapat datang kapan saja. Contohnya saja seperti pandemi sekarang ini. Ketika memiliki dana ini, Anda dapat menggunakannya untuk membiayai penanganan kesehatan serta menjadi pengganti pendapatan yang berkurang. 

    Meskipun berada di masa pandemi, kebutuhan mendesak tetap tidak hilang, oleh sebab itu dengan memiliki dana ini, Anda dapat membiayai berbagai kebutuhan tanpa kebingungan. 

            2. Dapat Mencegah Hutang

    Dana yang Anda miliki sebenarnya juga bisa membantu untuk mencegah menambah hutang. Karena sudah memiliki dana ini, Anda tidak perlu kerepotan meminjam yang untuk memenuhi kebutuhan. 

    Tentu saja dengan hutang yang tidak bertambah, Anda dapat terbebas dari pembayaran bunga hutang yang bisa semakin memangkas pendapatan. 

            3. Mengamankan Dana Masa Depan

    Dengan memiliki dana ini, Anda bisa mengamankan harta bila terdapat kebutuhan mendesak yang harus segera ditangani. Contohnya saja dana ini bisa melindungi tabungan pensiun serta anggaran yang sudah dirangkai untuk masa depan. 

            4. Gaya Hidup Menjadi Tidak Konsumtif

    Saat harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana ini, mau tidak mau gaya hidup konsumtif harus dihindari, bahkan kita bisa menghindari kebiasaan belanja yang konsumtif.