Berita

    Menjaga Kebersihan Kabin Saat Perjalanan Mudik

    Kebersihan akan sebuah mobil tidak hanya dilakukan pada bagian luar saja. Sebab, kabin mobil juga sangat perlu dibersihkan agar pengemudi dan penumpang di dalamnya tetap merasa nyaman saat berkendara terutama saat melakukan perjalanan mudik.

    Perjalanan mudik biasanya ditempuh dalam waktu yang lama apalagi kalau mudik ke daerah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Karena mobilitas tinggi dengan menggunakan sebuah mobil, sebaiknya lebih memperhatikan lagi akan kebersihan bagian kabin.

    Sebab, kesehatan harus tetap diutamakan dan tentu saja udara yang dihirup di dalam kabin mobil harus tetap segar. Nah, menjaga kebersihan kabin mobil juga sangat mudah loh, berikut tipsnya:

            1. Jangan biarkan noda menempel lama

    Bukan tak mungkin pengemudi dan penumpang dipastikan bisa membawa kotoran, entah dari makanan, minuman, atau lainnya yang berpotensi menimbulkan noda membandel.

    Nah, jika ada noda sebaiknya langsung dibersihkan dengan cara menggunakan kain microfiber ataupun tissue terlebih dahulu. Singkatnya, kamu tidak boleh membiarkan noda bertahan lama di dalam mobil dalam situasi apa pun.

            2. Buang sampah pada tempatnya

    Sadar atau tidak, salah satu kesalahan pengemudi dan penumpang yaitu meninggalkan sampah di dalam mobil. Padahal, seperti dilansir Car From Japan, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kuman yang berkembang di dalam mobil.

    Sebaiknya, ambil sampah yang jatuh ke di karpet atau lantai mobil, lalu sediakan kantong kecil untuk membuang sampah tersebut. Jika sudah sampai tujuan ataupun saat istirahat di rest area, sampah yang sudah dikumpulkan langsung dibuang ke tempatnya.

            3. Bersihkan debu secara menyeluruh

    Ketika membersihkan kabin mobil saat kita sudah sampai tujuan, sebaiknya jangan hanya melakukannya pada bagian luar maupun bagian-bagian yang terlihat mata saja. Semua sudut mobil perlu dibersihkan termasuk sela-sela jok dan karpet, dan bagian tak terlihat kasat mata lainnya.

    Agar mudah dalam membersihkannya, gunakan penyedot debu dengan daya yang besar, agar debu hilang masuk ke dalam mesin.

    Perlu di garis bawah, ketika membersihkan kabin mobil, tidak ada salahnya lakukan juga pada bagian bagasi. Karena bagian ini digunakan untuk membawa barang-barang yang pastinya kita tidak tahu kebersihannya.

            4. Jangan merokok