Berita

    Mengenal Oil Seal, Komponen Kecil yang Bisa Bikin Mesin Awet

    Membahas komponen mesin mobil tentunya tidak akan ada habisnya. Ini karena komponen mesin memang sangat banyak, mulai dari ukuran yang sangat kecil hingga berukuran besar.

    Salah satu komponen mesin yang memiliki ukuran kecil, sederhana namun sangat vital adalah Oil seal atau radial lip seal. Komponen ini ukurannya sangat kecil namun mempengaruhi usia dari sebuah mesin.

    Meski ukurannya kecil namun oil seal tugasnya sangat berat yaitu melindungi celah pada mesin guna mencegah keluar masuknya oli. Selain itu, benda ini juga berguna agar tidak terjadi kebocoran cairan dan udara. Tidak hanya itu, oil seal juga bisa menjaga tekanan pada mesin.

    Secara umum, oil seal ini memiliki dua jenis yang berbeda yaitu dynamic seal dan static seal. Static seal atau perapat statis merupakan seal yang digunakan pada mesin atau komponen yang tidak bergerak. Penggunaan static seal bisa disesuaikan dengan komponen yang akan disambungkan. Sementara itu, dynamic seal atau seal dinamis merupakan perapat yang digunakan pada komponen bergerak.

    Tak hanya itu, oil seal juga berfungsi untuk memastikan kotoran, cairan, udara atau bahkan material lain masuk ke dalam sistem atau mesin. Dibuat dari bahan khusus yang elastis, radial lip seal mampu melapisi permukaan tidak rata. Karena perannya tersebut, fungsi oil seal dapat menjaga mesin dari kerusakan dan membuat komponen menjadi lebih awet.

    Dan berikut adalah fungsi oil seal secara umum

    • Menjaga dari kotoran, cairan, udara dan material lain masuk ke mesin
    • Mencegah terjadinya kebocoran oil atau pelumas
    • Lapisan untuk permukaan tidak rata
    •   Menjaga agar cairan tidak tercampur
    • Menjaga komponen supaya tidak cepat rusak dan awet.

    Jenis-Jenis Oil Seal

    Jenis Oil Seal pun sebenarnya sangat banyak, tergantung dengan kebutuhan dari komponen apa yang hendak disambungkan. Memilih jenis perapat yang tepat bisa membuat mesin menjadi lebih terlindungi, sehingga menjadi awet.

    Berikut ini adalah jenis-jenis oil seal yang wajib diketahui

    • O-Ring

    Sesuai dengan namanya, O-ring seal memiliki bentuk seperti cincin yang dibuat dari karet sintetis atau plastik dan bahan alami. Seal jenis ini digunakan untuk melapisi sambungan antar komponen seperti pipa atau mesin yang biasanya digunakan sebagai seal statis.

    • Duo Cone seal

    Selanjutnya ada Duo Cone seal yang merupakan perapat dengan fungsi untuk menjaga mesin atau part dari kemasukan cairan dan mencegah terjadinya kebocoran secara luas. Seal ini harus mampu menahan karat, kebengkokan, beban tiba-tiba dan tidak banyak perawatan. Biasanya, seal jenis ini dipasangkan di antara groove metal retaining ring dan terbuat dari bahan karet.

    • Lip Seal