Berita

    Mengenal Fungsi Asli dari Towing Bar

    Belakangan ini banyak pemilik mobil yang menambahkan towing bar pada kendaraan mereka. Padahal sejatinya towing bar digunakan oleh mobil-mobil SUV untuk menarik kendaraan lain di belakangnya. Dengan demikian pertolongan untuk mereka yang membutuhkan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

    Namun, belakangan ini fungsi towing bar justru banyak disalah artikan. Pasalnya banyak pemilik kendaraan yang justru memasang towing bar untuk meredam dampak kerusakan mobil jika terjadi tabrakan dari arah belakang. Dengan adanya komponen ini diharapkan yang pertama kali mengenai bodi kendaraan adalah towing bar bukan bemper mobil. Padahal, fungsi utama dari towing bar bukanlah hal itu.

    Secara umum, ada dua jenis towing bar banyak paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu triangular shaped system dan tow hitch system. Perbedaannya terlihat dari posisi ditemukannya towing bar pada mobil.

    Triangular shaped system merupakan towing bar yang disambungkan pada bagian depan mobil agar lebih mudah diderek menggunakan metode kait dan tarik. Sedangkan tow hitch system disambungkan di belakang mobil dan digunakan untuk menderek trailer dan berbagai jenis kendaraan lainnya.

    Dan berikut adalah beberapa fungsi utama dari towing bar yang sesungguhnya.

    • Titik Tumpu Derek Mobil

    Fungsi towing bar mobil yang utama sebenarnya adalah sebagai titik tumpu pengait. Kondisi ini diperlukan apabila ada mobil lain yang mengalami masalah di jalan dan bisa ditarik oleh mobil.

    Namun pastikan mobil yang akan ditarik bobotnya tidak lebih dari 85 persen berat total kendaraan Anda. Pastikan pula towing bar dipasang erat pada rangka mobil agar mampu menarik beban yang beratnya lebih dari 1 ton.

    • Membawa Sepeda

    Ternyata towing bar mobil juga berguna untuk meletakkan bracket sepeda. Biasanya hal ini dilakoni para pecinta sepeda yang kerap kali melakukan perjalanan ke luar kota. Dengan adanya towing bar ini, bracket sepeda bisa lebih mudah terpasang dan sepeda dapat dibawa untuk digunakan di spot-spot yang jauh dari perkotaan.

    • Menambah Style Mobil

    Tak dapat dipungkiri, perkembangan towing bar awalnya dipakai pada pengguna mobil di Amerika dan Eropa. Hal ini pun lantas menular pada pengguna mobil yang ada di Indonesia. Mobil-mobil seperti Jeep, Land Rover, sampai Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport acap kali memakai towing bar di bemper belakangnya.

    Tentu saja, towing bar mobil ketika terpasang sebagai aksesoris akan membuat penampilan kendaraan sedikit lebih gagah. Tak heran, mobil Low MPV hingga LCGC pun ada yang memakai perangkat ini. Semuanya tentu dikembalikan kepada selera masing-masing pemilik mobil.