Berita

    Ketahui Tips Mengatasi Kelelahan Akibat Bekerja

    Jangan pernah menyepelekan kondisi dimana Anda sedang merasa lelah dalam bekerja. Segera cari tahu cara mengatasi kelelahan akibat bekerja. Pasalnya, kondisi tersebut tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, juga dapat mempengaruhi mental Anda.

    Berikut ini kami sudah merangkum beberapa cara mengatasi kelelahan akibat bekerja agar kesehatan Anda tetap terjaga.

            1. Memperhatikan Konsumsi Makanan

    Makanan akan membantu tubuh agar tetap berenergi. Itu artinya, makanan yang Anda konsumsi akan membantu Anda saat menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

    Namun Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Untuk mengatasi kelelahan akibat bekerja, pastikan Anda memilih makanan yang kaya akan serat dan protein.

            2. Jangan Lupa Untuk Selalu Berolahraga

    Seberapa sibuk apapun Anda, luangkanlah waktu dua kali atau setidaknya satu kali dalam seminggu untuk berolahraga. Aktivitas ini juga dapat membantu kerja jantung, otot dan juga paru-paru menjadi lebih efektif.

    Akan tetapi, Anda tidak boleh berolahraga terlalu berat. Pastikan porsinya cukup. Jenis olahraganya pun bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

            3. Tidur Siang Secara Teratur

    Power nap atau tidur siang adalah aktivitas yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Lakukan minimal 10 hingga 30 menit. Pastikan Anda tidak tidur siang melebihi batas waktu 30 menit agar tidak mengganggu tidur malam.

    Silahkan Anda sesuaikan power snap dengan istirahat di kantor. Anda bisa mencari spot yang tepat di kantor untuk melakukannya.

            4. Mengonsumsi Air yang Cukup

    Air putih dapat membantu Anda untuk meningkatkan performa fisik. Pasalnya, kelelahan bekerja dapat menyebabkan kehilangan cairan yang berefek pada dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi dapat menurunkan performa fisik.

    Biasakan mengonsumsi air putih 1 hingga 2 jam sekali. Pastikan cairan yang Anda minum adalah air putih, bukan air bersoda maupun kafein.

            5. Menjaga Kualitas Tidur

    Tubuh yang bugar saat bangun di pagi hari adalah awal yang baik untuk melakukan aktivitas. Hal tersebut bisa Anda peroleh dengan cara meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

    Kurang tidur juga akan menyebabkan rasa lelah pada saat sedang bekerja. Di sisi lain, tidur juga dapat memulihkan energi Anda yang sudah lelah setelah seharian beraktivitas. Maka dari itu, mengatasi kelelahan akibat bekerja salah satunya cukup dengan jam tidur yang berkualitas.