Berita

    Ketahui Alasan Pengemudi Sering Ngebut di Jalan

    Ngebut di jalan menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh pengemudi dengan alasan agar cepat sampai tujuan. Padahal mengemudi dengan kecepatan di atas rata rata sangat berbahaya. Sudah ada banyak sekali kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena mengebut. 

    Meski sudah ada batasan kecepatan berkendara, banyak pengemudi yang tetap nekat ngebut. Sebenarnya apa alasan pengemudi ngebut di jalan? Berikut ulasannya.

            1. Jalanan Sepi

    Jalanan yang sepi dan lengang seperti jalan tol menjadi salah satu kondisi yang paling sering menyebabkan pengemudi menaikkan kecepatan sampai di atas rata rata. Jalan yang sepi dirasa lebih aman untuk mengemudi dengan kecepatan tinggi.

    Padahal meski jalan tol sepi, sudah ada batasan kecepatan yang ditetapkan yaitu maksimal 100 km per jam. Meski lengang dan sepi, sebaiknya Anda tetap mengikuti batasan kecepatan yang sudah ditentukan sebab banyak sekali kecelakaan terjadi di jalan tol disebabkan karena pengemudi mengebut. 

            2. Menghemat Waktu

    Perjalanan jarak jauh juga menjadi alasan para pengemudi untuk mengebut agar cepat sampai ke tempat tujuan. Jarak yang jauh membutuhkan waktu yang lama bagi para pengemudi untuk sampai. Oleh karena itu, banyak para pengemudi mengebut untuk menghemat waktu.

    Selain itu, rasa bosan dan jenuh yang timbul karena perjalanan jarak jauh juga menyebabkan pengemudi menaikkan kecepatan kendaraan. 

            3. Tidak ada tilangan

    Banyak yang mengebut di jalanan sebab masih lemahnya hukuman terhadap pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi. Meski sudah ada larangan mengebut, banyak yang melanggar aturan karena tidak ada sanksi hukum yang diterima ketika melanggar.

    Contohnya banyaknya pengemudi yang tetap mengebut di jalan tol meski sudah ada palang batas kecepatan mengemudi. 

            4. Terburu-buru

    Selain jarak perjalanan yang jauh, meski tujuan berkendara dekat banyak pengemudi nekat ngebut di jalan karena terburu-buru seperti bangun kesiangan, terlambat ke kantor, perlu segera ke rumah sakit dan sebagainya. 

    Tergesa gesa harus dihindari ketika berkendara sebab banyak pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi jalanan sekitar karena pikiran yang kacau sebab terburu buru. Jika tidak dalam kondisi darurat, lebih baik terlambat sedikit daripada mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain.