Berita

    Kenali tentang Idle Dalam Dunia Otomotif

    Secara umum, idle memiliki arti diam namun pada dunia otomotif, pengertian tersebut sedikit berbeda. Karena idle dalam dunia otomotif lebih mengartikan kondisi stasioner di mana energi yang digunakan hanya sedikit atau ketika kendaraan berjalan pelan.

    Ada pula yang mengartikan idle sebagai kondisi di mana mesin memiliki putaran yang normal serta gas tidak dalam keadaan ditekan atau yang bisa disebut dengan RPM. Perlu diketahui bahwa RPM merupakan singkatan dari round per minute yang artinya jumlah putaran yang terjadi dalam kurun waktu satu menit.

    Dalam kondisi idle, maka RPM idle sekitar 600 sampai dengan 750 round, tergantung setelan pabrikan. RPM idle juga bisa digunakan untuk melakukan deteksi apakah pengaturan campuran antara udara serta bahan bakar sudah sesuai mesin atau tidak. Ketidaksesuaian ukuran bisa menyebabkan mesin menerima bahan bakar yang melebihi kebutuhan.

    Sementara itu Idle up adalah istilah lain yang terdapat dalam dunia otomotif mengenai idle. Berbeda dengan RPM Idle, idle up adalah kondisi mesin ketika mendapatkan beban tambahan. Beban tambahan ini bermacam-macam, bisa berupa AC mobil yang dinyalakan, kemudian lampu depan yang dihidupkan dan sebagainya

    Tujuan dari penggunaan idle up adalah mencegah mesin mati mendadak ketika mesin memperoleh beban tambahan. Cara kerja sistem idle up adalah dengan melakukan kontrol idle pada mesin yang bekerja ketika mendapatkan beban tambahan. Secara sederhana, dapat dikatakan sistem idle up ini gunanya untuk menaikkan putaran pada mesin ketika mesin mendapatkan beban tambahan

    Jika sistem idle up tidak mampu untuk bekerja dengan baik, hal ini akan menyebabkan RPM mesin menurun ketika AC dinyalakan. Apabila RPM mesin menurun, maka mesin menjadi lebih cepat mati dari seharusnya.

    Jenis Idle Up

    Idle up pada mesin yang masih menggunakan karburator maka peralatan idle up yang digunakan adalah VSV atau Vacuum Switching Valve. Peralatan lain yang juga digunakan adalah actuator.

    Actuator ini fungsinya untuk membuka katup throttle supaya penghisapan udara oleh mesin bertambah. Apabila penghisapan udara semakin  bertambah, maka putaran mesin juga akan semakin meningkat.

    Selanjutnya, Idle up yang terdapat pada mesin yang menggunakan EFI sedikit berbeda. EFI adalah mesin dengan sistem bahan bakar yang digunakan adalah sistem injeksi. Sistem ini masih sama menggunakan VSV namun peralatan tersebut ditambah dengan diafragma atau membran. Fungsi dari diafragma ini supaya udara bisa masuk lewat surge tank.