Berita

    Ini Dia Tips Menyetir Mobil Bagi Pemula

    Selalu ada yang namanya pertama kali untuk segala sesuatu. Seperti halnya dalam kasus menyetir mobil, tidak ada yang langsung menjadi si mahir. Ibarat kata, sebelum menjadi sosok pembalap profesional, pasti ada masanya menjadi seorang pengemudi pemula. 

    Sebagai seorang pemula, tentunya banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai mengemudikan mobil. Demi kelancaran proses latihan mengendarai mobil, yuk intip tips-tips yang perlu diketahui oleh pemula.

    Tips Menyetir Mobil

    Berikut ini beberapa tips yang bisa diaplikasikan oleh pemula ketika ingin memulai menyetir mobil:

    • Pahami kondisi mobil yang hendak dikemudikan

    Mengenali seluk-beluk mobil beserta fungsi dari setiap bagian mobil merupakan hal utama yang harus kita pahami apabila ingin lancar dan aman dalam mengendarai mobil. 

    Hal ini perlu dilakukan agar supaya tidak kewalahan ketika sudah praktik berkendara. Pastikan Anda dapat melokasikan komponen penting seperti gas, rem, dan kopling. Jangan sampai tertukar karena dapat berakibat fatal.

    Beradaptasi dengan seluruh komponen mobil saat berkendara memang akan memusingkan bagi para pemula. Namun, apabila Anda terus berlatih, maka semuanya akan bisa dihafal di luar kepala seiring berjalannya waktu. Kuncinya adalah untuk membiasakan diri.

    • Penuhi syarat awal sebagai pengemudi

    Syarat yang wajib dipenuhi apabila ingin mulai untuk menyetir mobil sendiri, yaitu harus memiliki SIM dan sehat baik jasmani maupun rohani.

    Surat Izin Mengemudi sangat wajib dimiliki oleh orang-orang yang mengendarai kendaraan. Dengan kepemilikan sebuah SIM maka Anda dapat dikatakan layak mengemudikan mobil karena telah mendapatkan izin secara sah dan diakui oleh kepolisian Republik Indonesia.

    Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan sebuah SIM perlu melewati tahapan atau proses ujian yang memang sudah seharusnya dilakukan bagi para pengemudi pemula sebelum mulai mengendarai kendaraan masing–masing.

    • Atur batas kecepatan mobil

    Sebagai pemula, ada baiknya untuk memulai berkendara di bawah kecepatan rata-rata. Jangan kemudikan mobil Anda dengan kecepatan tinggi karena dikhawatirkan apabila merasa bingung di pertengahan jalan dapat menyebabkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Kendarai mobil Anda dengan perlahan-lahan terlbih dahulu sampai merasa terbiasa dan familiar.

    • Jangan mengandalkan emosi