Berita

    Fungsi Sebenarnya Dari Spolier Mobil

    Bagi pecinta otomotif, apa saja bagian dari mobil yang dapat dimodifikasi, tak terkecuali dengan bagian yang bernama spoiler.

    Letaknya yang berada dibelakang dapat menambah kesan macho pada mobil Anda. Namun, bagian tersebut tidak hanya sebagai aksesoris. Melainkan dapat berguna untuk keselamatan para penumpang dari mobil tersebut.

    Penasaran dengan fungsi dari bagian yang hanya dimiliki oleh mobil ini? Inilah informasi selengkapnya untuk Anda.

    Fungsi Spoiler pada Mobil  

    Sayangnya tidak semua pemilik mobil mengerti pentingnya benda ini. Bahkan ada saja yang sengaja melepasnya dengan alasan tertentu.

    Jika kita berbicara soal selera, setiap orang memiliki perbedaan. Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui fungsi spoiler mobil. Mulai dari fungsi mengendalikan gerakan mobil.

    Mobil yang kecil akan beresiko mengalami goncangan saat sedang melaju dengan cepat, dan akan menimbulkan perasaan seolah-olah melayang saat mengendarainya.

    Dengan demikian, benda tersebut dapat menghasilkan aerodinamis yang lebih optimal. Hal itu karena benda tersebut menghasilkan sebuah tekanan yang dinamakan dengan downforce. Istilah tersebut merujuk kepada kemampuan dalam menciptakan tekanan ke bawah.  

    Selanjutnya, tekanan tersebut menimbulkan berat pada mobil. Oleh karena itu, gaya angkat akibat mobil melaju kencang akan berkurang. Maka dari itu, Anda akan merasa stabil saat berkendara.

    Akan tetapi, benda ini tidak selalu dimiliki oleh mobil dengan jenis tertentu. Dapat dipastikan bahwa semua mobil memiliki fitur ini. Namun, yang membedakan adalah peletakan nya saja.

    Pada mobil sedan, letak dari spoiler mobil yaitu berada pada bagian atas bagasi. Sedangkan pada mobil hatchback, terdapat 2 (dua) tempat yang umum sebagai tempat dudukan bagian mobil ini.

    Posisi yang pertama adalah menempel pada kaca belakang bagian yang paling atas. Oleh karena itu, fitur ini akan ikut terangkat jika bagasi tengah dibuka.

    Sedangkan yang kedua adalah menempel pada atap belakang mobil bagian yang paling atas. Lokasinya cenderung tidak menghalangi saat membuka bagasi sehingga tidak ikut terangkat. 

    Fungsi lain pada mobil hatchback yaitu dapat menangkal kotoran hingga air hujan. Kedua benda tersebut sangat mempengaruhi aerodinamis dari mobil jenis ini. 

    Keberadaan debu, kotoran, hingga air hujan diyakini dapat meningkatkan turbulensi pada mobil. Inilah yang dapat menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan.