Berita

    Faktor Penyebab Lampu Indikator Bensin Mobil Tidak Berfungsi

    Komponen yang ada pada mobil memang sangat beragam. Itu sebabnya, tidak semua pengguna mengetahui komponen apa yang harus dicek ketika mobil mengalami masalah. Salah satunya adalah lampu indikator mobil.

    Hal ini tentu sangat meresahkan karena pengemudi kesulitan untuk melihat kerusakan yang terjadi pada mobil karena kurang paham mengenai komponen tersebut.   

    Faktor Penyebab Lampu Indikator Mobil Tidak Berfungsi

    Saat salah satu lampu indikator pada mobil menyala, ini menandakan ada kendala yang sedang terjadi pada kendaraan Anda. 

    Namun apabila lampu indikator ini menyala terus tanpa ada sebab yang jelas baik saat mesin mobil dalam keadaan menyala atau mati, maka Anda harus mencari tahu penyebabnya. 

    Bagaimana jika hal ini terjadi pada indikator bensin? Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan lampu indikator bensin pada mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

            1. Tutup Tangki Bensin Tidak Rapat

    Faktor pertama yang membuat lampu indikator mobil tidak berfungsi adalah ketika bagian penutup tangki bensin tersebut tidak rapat saat menutupnya. 

    Perlu diketahui, fungsi dari penutup tangki bensin ini untuk menampung bahan bakar pada saat kendaraan berjalan. Selain itu, tutup tangki tersebut juga memiliki peran untuk menahan bahan bakar mobil agar tidak tumpah. 

    Jadi, ketika indikator bensin mengalami disfungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bagian penutup tangki bensin telah ditutup dengan rapat. 

            2. Bahan Bakar Habis

    Penyebab lampu indikator mobil tidak berfungsi yang kedua adalah bahan bakar yang ada pada tangki telah habis tidak tersisa. 

    Jadi, wajar saja jika jarum pada indikator bensin tetap tidak bergerak dari tempatnya semula. Jika hal ini terjadi, segera beli bahan bakar agar kendaraan Anda tidak mogok di tengah jalan. 

            3. Jalur Kabel Putus

    Faktor yang ketiga penyebab tidak berfungsinya indikator bensin pada mobil adalah saat sambungan kabel yang menuju ke bagian jarum penunjuk mengalami kerusakan, misalnya putus. 

    Hal ini membuat komponen tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memastikannya, Anda harus membawa kendaraan tersebut ke tempat service resmi yang terdekat agar bisa segera dilakukan penanganan.