Berita

    Awas, Jangan Simpan Barang Ini di Laci Mobil Anda Jika Tidak Ingin Meledak

    Kendaraan Anda harus digunakan untuk transportasi, bukan penyimpanan. Menyimpan barang-barang ini di dalam laci mobil dapat membahayakan kesehatan dan keamanan Anda dan keluarga. Apa saja barang-barang tersebut? Simak ulasannya. 

    1. Perhiasan 

    Ketika mobil tengah diparkir di halaman rumah atau di tempat parkir khusus, ada baiknya untuk tidak meninggalkan perhiasan di bagian dashboard mobil. Meskipun tertutup, tetapi bisa saja itu justru memicu Anda mengalami kerugian besar lantaran ada pencuri yang mengambilnya. 

    Bukan hanya kehilangan barang-barang berharga milik keluarga, tetapi mobil juga bisa rusak lantaran dibobol pencuri tersebut. Akhirnya, Anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. 

            2. Flammable Liquids

    Flammable liquids atau sejenis cairan yang gampang terbakar tidak dianjurkan untuk disimpan di dashboard mobil. Hal ini juga didukung dengan peringatan peringatan tercetak yang ada di sisi tabung. Sebab, cairan ini akan mudah untuk meledak ketika berada di tekanan suhu tinggi. Misal, ketika mobil tengah bergerak, suhu di mobil akan terus naik. 

    Contoh dari barang-barang yang masuk dalam jenis mudah terbakar adalah kaleng aerosol, parfum, wine, air purifier, cat semprot, thinner, pelarut cat kuku. 

            3. Korek Api 

    Perokok harus sangat berhati-hati meninggalkan pemantik rokok di dalam mobil. Sebab, barang ini sering menjadi penyebab kebakaran yang terjadi baik di dalam mobil ataupun sekitar. Banyak kasus yang disebabkan oleh korek api. 

    Untuk itu, sehabis menggunakannya, sebaiknya tidak menyimpan korek api di dashboard mobil atau bagian kursi penumpang. Apalagi meninggalkan begitu saja di bagian bawah kursi penumpang. Akan lebih aman jika Anda langsung memasukkannya ke dalam saku.

            4. Baterai 

    Baik itu baterai set yang baru saja dibeli, atau baterai lama yang dilepas dan dibuang di mobil, Anda harus berhati-hati karena baterai dapat bocor dalam suhu tinggi. Asam aki bersifat racun dan juga dapat merusak interior kendaraan. Hal yang paling membahayakan, asam tersebut dapat memicu terjadinya ledakan dalam mobil yang membahayakan nyawa keluarga dan orang-orang di sekitar. 

            5. Elektronik 

    Terkadang, dashboard mobil memang menjadi tempat paling nyaman untuk menyimpan barang-barang elektronik yang mudah dibawa. Misal ponsel, tablet, atau bahkan notebook. Namun nyatanya, menyimpan barang-barang tersebut justru bisa membahayakan diri sendiri dan keluarga.