Berita

    Aturan Menyalip Kendaraan di Terowongan dan Jembatan yang Perlu Diketahui

    Pengendara pasti pernah saling mendahului saat berada di jalan. Padahal ada bahaya yang mengintai lho saat menyalip kendaraan. Utamanya di jembatan atau terowongan.

    Artikel ini akan memaparkan apa saja bahaya saat saling salip di jalan. Tak hanya itu, aturan berkendara juga ada di sini. Jadi pastikan baca sampai tuntas ya!

    Bahaya Menyalip di Terowongan dan Jembatan

    Sebenarnya tidak ada salahnya apabila saling mendahului di jalan. Tapi ada beberapa jalur atau tempat yang dilarang untuk menyalip. Seperti terowongan, jembatan, hingga tikungan.

    • Menyalip di Terowongan

    Pengendara dilarang mendahului kendaraan lain saat melintas di terowongan. Sebab kondisi di area ini seringkali gelap gulita, alias tidak ada penerangan. Bahaya menyalip kendaraan di terowongan, bisa menyebabkan kecelakaan. Hal ini karena kemampuan melihat jalan jelas menurun saat gelap.

    Ditambah lagi, tembok pada terowongan biasanya terbuat dari beton. Dinding ini permukaannya lebih kokoh dibanding tembok biasa. Sehingga susah untuk dilakukan upaya penyelamatan diri secara darurat saat kecelakaan.

    Larangan ini diperkuat dengan adanya marka jalan yang menunjukkan garis lurus di jembatan ataupun terowongan. Artinya, pengemudi dilarang untuk saling mendahului.  

    • Menyalip di Jembatan

    Hampir mirip dengan di Terowongan, sangat tidak dianjurkan, bahkan dilarang menyalip di Jembatan. Sebab pada area ini, ada marka jalan dengan garis lurus, yang menunjukkan tidak boleh mendahului. Tak hanya itu, jembatan juga dilengkapi pembatas di samping kanan dan kiri jalan. Biasanya, di bawah jembatan ini ada jalan lain, curah/jurang maupun sungai.

    Bahaya menyalip kendaraan di jembatan adalah karena ruang gerak yang cukup sempit. Kecelakaan pun bakal tidak bisa dihindarkan. Misalnya saja apabila Anda mendahului kendaraan di depan. Kemudian ada kendaraan lain dari arah yang berbeda turut melaju.

    Nah, karena jalan sempit, maka peluang bersenggolan juga cukup tinggi. Jika demikian, kecelakaan tak bisa dielakkan. Risikonya, kendaraan Anda bisa menabrak pembatas jembatan, atau bahkan terjun bebas.

    Aturan Menyalip di Jalan

    Untuk Anda yang berkendara, sebaiknya memahami bagaimana cara menyalip yang benar. Berikut aturan menyalip kendaraan yang harus Anda ketahui:

    1. Nyalakan Lampu Sein

    Sebelum menyalip, Anda harus menyalakan lampu sein terlebih dahulu. Pastikan arahnya benar ya!