Berita

    Apa Itu Car Lift, Ketahui Fungsi & Jenisnya

    Pengertian Car Lift yang Perlu Diketahui

    Pernahkah Anda mendengar tentang car lift sebelumnya? Bayangkan Anda membeli kendaraan baru, kemudian tahu tidak ada ruang yang cukup di dalam garasi untuk menyimpannya. Jika sudah seperti itu, perlukah untuk membangun garasi baru? Haruskah membeli tenda untuk meletakkan kendaraan di luar? Tetapi, itu hanya akan menambah beban biaya lagi. 

    Untungnya, car lift adalah solusi yang bagus dan nyaman untuk Anda yang membutuhkan penyimpanan kendaraan ekstra di dalam garasi. Lift khusus untuk mobil ini semakin populer di kalangan pemilik rumah yang kekurangan penyimpanan, sebab dapat membantu mengoptimalkan ruang di dalam garasi sehingga nampak lebih lapang. 

    Jenis-jenis Car Lift

    Memanfaatkan ruang vertikal di dalam garasi Anda, lift mobil mengangkat satu kendaraan dari tanah, memungkinkan kendaraan lain diparkir di bawahnya. Lift mobil aman, dapat menahan beban berat yang signifikan, dan mudah dioperasikan oleh pemilik rumah setiap hari. 

    Namun, sebelum memasang lift mobil, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis car lift terlebih dahulu, di antaranya: 

    1. Single Post 

    Tipe single post ialah lift mobil yang menggunakan satu kaki (tiang) di posisi tengah dengan empat penyangga yang berada di bagian ujung. Keempat penyangga itulah yang dijadikan sebagai tumpuan untuk menahan beban mobil. 

    Tipe ini bersifat fleksibel lantaran bisa diatur panjang pendeknya, arah lengan juga dapat disesuaikan agar dapat menjaga mobil agar tetap aman selama berada di atas lift mobil. 

    Umumnya, jenis single post ini digunakan di tempat cuci mobil lantaran hanya untuk mengangkat dalam jangka waktu yang sebentar, dan memudahkan untuk membersihkan bagian bawahnya. 

            2. Two Post 

    Two post memiliki dua kaki dengan penyangga yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Bentuknya seperti dua tiang yang dijajarkan dengan bagian bawah terdapat penghubung agar bisa menahan beban mobil. 

    Lift mobil jenis ini biasa dipakai untuk bengkel agar montir lebih mudah dalam memperbaiki bagian rem, ball joint, maupun suspensi mobil. 

            3. Four Post 

    Seperti namanya, terdapat empat kaki yang menyangga beban mobil. Lantaran ada empat penyangga, maka tingkat keamanannya pun akan lebih baik. 

    Umumnya, four post dipakai untuk bengkel dalam perbaikan bagian roda, sebab tahan terhadap guncangan besar. Mobil aman, montir pun aman. 

    Tips Menggunakan Car Lift dengan Baik dan Benar