Berita

    Agar Awet, Ketahui Cara Kerja dan perawatan Kaliper Rem Mobil Anda

    Rem kendaraan merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Komponen rem sama pentingnya dengan gas pada kendaraan. Akan sangat fatal jika mobil memiliki gas yang baik, namun tak didukung oleh rem yang pakem saat mobil dioperasikan.

    Rem sendiri tidak berdiri sebagai perangkat tunggal. Ia memiliki komponen pendukung dalam kinerjanya. Salah satunya adalah kaliper rem. Komponen ini, punya piston yang berfungsi untuk menyalurkan daya dorong ke cakram rem, sehingga dapat mengurangi laju kendaraan.

    Saat mobil melaju kencang dan membutuhkan pengereman, komponen dalam rem ini akan bekerja sama dengan berbagai komponen pengereman lain agar bisa melambatkan laju kendaraan pengemudi dari putaran roda rodanya.

    Selain menopang piston, kaliper juga berfungsi mengapit kampas yang menekan ke cakram dengan daya tekan tertentu sesuai dengan setelannya untuk melambatkan kendaraan.

     

    Mengenal jenis kaliper dan Cara Kerjanya

    Mobil modern saat ini umumnya sudah menggunakan rem cakram untuk menunjang pengeremannya. Pada umumnya rem cakram memiliki dua jenis atau tipe kaliper yakni kaliper tetap yang sering disebut fixed caliper dan kaliper luncur atau floating caliper.

    1. Kaliper tetap (fixed caliper)

    Fixed Caliper menggunakan dua piston yang terletak pada kedua sisi kaliper. Proses kerjanya cukup sederhana, dimana ketika pedal rem ditekan, maka cairan rem dari master silinder akan diteruskan ke kaliper. Tekanan hidrolis tersebut akan menekan kedua piston di kedua sisi kaliper yang kemudian menekan komponen pad rem agar menekan cakram dan terjadilah pengereman.

    Penggunaan kaliper jenis ini dianggap menguntungkan karena kedua sisi kaliper akan memberikan daya pengereman yang maksimal karena memiliki gaya dorong yang lebih besar dibandingkan dengan rem cakram yang hanya menggunakan satu piston.

    Keuntungan lainnya adalah pengereman pada kedua pad sebelah kiri dan kanan akan sama besarnya, sehingga memberikan daya pengereman yang lebih pakem dalam berbagai kondisi.

    Secara konstruksi, rem cakram dengan tipe fixed caliper ini memiliki kelebihan karena lebih kompak. Dengan konstruksi solid membuat proses pendinginan komponen rem juga lebih baik, sehingga pengereman akan tetap optimal walaupun rem sering ditekan.

    2. Kaliper tipe luncur (floating caliper)

    Pada rem cakram tipe floating caliper, di dalam kaliper untuk rem cakram, tipe ini terdapat satu atau dua piston. Tetapi piston-piston tersebut hanya terdapat pada salah satu sisi kalipernya.