Berita

    5 Penyebab Sapuan Wiper Tidak Bersih

    Berkendara di tengah hujan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dalam kondisi tersebut, peran wiper sangatlah penting yaitu membantu menyapu air yang mengenai kaca depan maupun kaca belakang sehingga pandangan pengendara jadi lebih jelas. Namun seringkali sapuan alat ini tidak bersih, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? 

    Penyebab Sapuan Wiper Tidak Bersih

    Komponen mobil yang satu ini memiliki pengaruh penting bagi keamanan dalam berkendara. Jika tidak bekerja secara optimal, maka harus segera dicari tahu penyebab dan solusinya. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab sapuan alat pembersih kaca mobil tidak bersih:

    • Adanya Jamur Pada Kaca

    Faktor penyebab pertama wiper tidak bekerja optimal adalah adanya jamur kaca. Jamur ini menempel di kaca mobil Anda sehingga menimbulkan noda putih yang sulit untuk disapu. Noda putih yang muncul akibat jamur ini akan terus menempel di kaca dan mengganggu pandangan pengendara. 

    Solusinya adalah membersihkan atau menghilangkan noda akibat jamur kaca tadi. Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan jamur tersebut. Pembersihan jamur kaca ini bisa dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman sehingga hasilnya jauh lebih efektif dan memuaskan. 

    • Karet Terlalu Keras

    Penyebab lain yang memicu wiper tidak bisa bekerja secara optimal adalah usia karetnya sudah terlalu tua. Jika sudah terlampau tua atau bahkan kedaluwarsa maka karet ini akan getas atau keras. Kondisi tersebut membuat kinerjanya dalam membersihkan atau menyapu kaca jadi kurang optimal. 

    Segera ganti bagian karet ini dengan yang baru agar elastisitasnya kembali dan bisa menjalankan fungsi secara optimal. Perlu diketahui, jika Anda tidak segera mengganti karet yang sudah getas ini maka masalah lain bisa muncul pada bagian kaca. Kaca mobil Anda bisa mengalami baret atau goresan karena karet sudah tidak elastis.

    • Tekanannya Terlalu Lama

    Wiper tidak bersih dan bekerja optimal jika tekanannya ke kaca sudah terlalu lemah. Prinsip kerja alat ini memang menekan bagian kaca sehingga air tersapu dengan sempurna. Jika tekanannya sudah tidak terlalu kuat maka hasil pembersihannya juga tidak akan optimal. 

    Periksalah kondisi alat pembersih ini secara berkala. Jika memang posisinya sudah mulai berubah dan tekanannya jadi lebih lemah, maka lakukan perbaikan. Bawalah mobil ke mekanik dan minta bagian tersebut diperkuat lagi agar bisa membersihkan dengan sempurna. 

    • Pemakaian Water Repellent